Minggu, 17 Juli 2011

Bbuddah... Hoga Terra Baap (2011), Film laga Hindi dengan citarasa India Selatan

Sutradara: Puri Jagannadh
Pemain:  Amitabh Bachchan, Hema Malini, Minissha Lamba, Sonal Chauhan, Raveena Tandon…… Special Appearance, Neha Sharma, Sonu Sood, Prakash Raj, Charmi, Mahie Gill, Makrand Deshpande, Shahwar Ali, Rajeev Mehta, Rajeev Varma, Vishwajeet Pradhan, Atul Parchure
Produksi: Viacom 18 Motion Pictures, A B Corp
Durasi: 115 menit
Genre: Aksi, drama, komedi

Polisi ACP Karan (Sonu Sood) menjadi musuh baru bagi pemimpin Mafia Mumbai Kabir Bhai (Prakash Raj) setelah menangkap pelaku bom yang di otakinya. Kabir kemudian menggunakan jasa penembak jitu Profesional veteran Vijju (Amitabh) yang datang untuk menunaikan tugas terakhirnya.

Pesona dan kharisma Vijju menarik perhatian dua gadis muda Amrutha (Charmee), Tanya (sonal Chauhan) mantan Miss India 2008, Tanya yang kemudian disukai oleh Karan dan Charmee yang ternyata ibunya (Raveena Tandon) ada hubungan lama dengan Vijju. Terungkap kemudian bahwa Vijju ternyata berusaha melindungi Karan yang ternyata anaknya dengan Sita (Hema Malini)

Film yang menjadi box office nomor dua setelah Delhi Belly ini menampilkan film Hindi yang menurut saya beraroma kuat film-film India Selatan yang sering menampilkan aktor uzur sebagai bintang utama yang mendominasi isi cerita dan mengeluarkan kharisma hingga menarik aktor wanita yang bahkan masih muda belia. Memang kharisma aktor ini luar biasa kalau anda penggemar beliau film ini begitu memuaskan anda namun untuk sebuah film secara keseluruhan terlihat biasa dan berlebihan. Menjadikan aktor yang di awal kisah tidak disukai menjadi disukai dalam alurnya. Kisah lama antara Amitji dan Hema serta anaknya tidak dibahas cukup jelas, juga hubungan lamanya dengan Raveena. Peran Karan sebenarnya bisa diolah lebih mendalam untuk tapi sepertinya durasi film ini yang mengikuti arus baru film India yang dipangkas dan tanpa interval nampaknya membuat sutradara lebih menonjolkan kisah balas dendam Vijju atas "kegagalannya" melindungi anaknya meski anda harus menonton hingga akhir untuk memastikan film ini  apakah berakhir bahagia sepenuhnya atau tidak.

Aktor-aktor wanita seakan hanya sebagai pemanis di film ini itupun kalau pemanis tidak diberikan porsi video musik bagi mereka untuk memuaskan penonton yang ingin melihat liukan tubuh indahnya, anda hanya akan diberikan Video Uncle Amitji. Reuni antara Hema dan Amitji juga tidak dimaksimalkan sutradara. Kemunculan kembali Raveena setelah vakum sejak 2006 meskinya dengan kegenitannya, serta Charmee (ini juga debutnya di film  Hindi setelah lebih dahulu terkenal di  film Telugu dan Kannada) harusnya lebih dimaksimalkan sutradara untuk menggali "konflik" mereka berdua yang sama-sama memuja Amitji. Namun adegan yang paling berkesan adalah ketika Vijju membohongi Kabir Bhai bahwa polisi menyerang mereka setelah penembakan atas Karan, tipu-tipu pura-pura Amitji menghadirkan puncak beliau sebagai Hero di film ini dengan adegan yang menggelitik ini. Akhirnya bila anda penikmat Uncle Amitji sila simak film ini bila tidak terlalu sebaiknya pikirkan lagi.

rating : 2,7/5

2 komentar: